Sabtu, 14 Mei 2016

HIKMAH (FADHILAH) SHALAWAT

kali ini kita akan membahas tentang hikmah dari membaca sholawat 

Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw melalui firmannya :

اِنَّ اللهَ وَمَلَٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِىِّۚ يَآاَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِ وَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمَا (الاحزاب : ٥٦)

Artinya : “ Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab : 56)

berikut adalah fadhilah membaca shalawat :

 1. Barangsiapa membaca shalawat satu kali, Allah akan menurunkan rahmat untuknya sepuluh kali, menghapus sepuluh dosa dan mengangkatnya sepuluh derajat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw :

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا(رواه مسلم)

Artinya : “Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali shalawat, maka Allah memberi  rahmat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

 2. Barang siapa bershalawat kepada Nabi Muhammad saw. dalam satu hari 100 kali, maka Allah memenuhi 100 hajatnya, yakni 70 hajat akhirat dan 30 hajat dunia. Nabi saw. bersabda :

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِى يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ قَضَى اللهُ لَهُ مِائَةَ حَاجَةٍ : سَبْعِيْنَ مِنْهَا ِلاٰخِرَتِهِ وَثَلاَثِيْنَ مِنْهَا لِدُنْيَاهُ(رواه ابن النجار)

Artinya : Barang siapa membaca sholawat kepadaku dalam satu hari 100 kali, maka Allah memenuhi hajatnya 100 hajat : yang 70 untuk hajat akhiratnya dan yang 30 untuk hajat dunianya (HR. Ibnu Najar)

3. Barang siapa bershalawat ketika pagi 10 kali dan ketika sore 10 kali akan mendapat syafaat (pertolongan) Rasulullah saw pada hari kiamat. Rasulullah saw.bersabda :

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِيْنَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِيْنَ يُمْثِيْ عَشْرًا اَدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ(رواه الطبرانى)

Artinya : “Barang siapa bershalawat kepadaku (Nabi Muhammad) ketika pagi 10 kali dan ketika sore 10 kali, syafa’atku akan menjumpainya pada hari kiamat (HR. Thabrani).

4. Orang yang terbanyak membaca shalawat kepada Nabi saw. akan menjadi orang yang lebih utama  disisi Rasulullah saw. Beliau bersabda :

اَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ اَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلاَةً(رواه الترمذى)

Artinya : “Orang yang paling utama disisiku pada hari kiamat ialah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku (HR. Tirmidzi).

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar